Beda

Kenapa kami diciptakan berbeda?

Tak ada yang sama. Bentuk muka, bola mata, jenis rambut, suara dan — yang lebih membuat kami berbeda — kepercayaan. Ya, kepercayaan dalam segala apa yang ada di dalam dunia atau biasa disebut… Agama.

Mengapa ada perbedaan disaat semuanya sama-sama menuju ke arah yang lebih baik? Bahwa sesungguhnya kita hanya harus tahu dan selalu ingat bahwa ada yang telah menciptakan kita serta seisi dunia dan harus selalu bersyukur pada-Nya. Mengapa cara kami bersyukur padaMu harus berbeda? Apakah kami tidak bisa bersyukur padaMu bersama-sama walaupun ketika rasa syukur itu timbul saat Kau menyatukan kami?

Ampuni kami karena telah bertanya hal-hal bodoh seperti itu.

Jadi, pertanyaan itu timbul ketika aku melihat satu jiwa yang pergi dipanggil oleh-Nya yang ternyata mempunyai seorang suami dengan iman yang berbeda dan beberapa anak yang mengikuti kepercayaan sang Ayah. Kita memang harus bisa mempertahankan iman yang sudah ditanamkan sejak kecil dan sebisa mungkin tak boleh ada khianat. Tapi, apakah baik jika berakhir seperti ini? Kepercayaan apa yang anak-anak mereka akan anut nanti? Bagaimana mereka dapat mendoakan kedua orang tuanya kelak ketika sudah tiada? Apakah sang istri dan suami tidak merasakan keresahan saat berhubungan yang terhitung zina walau sudah menikah?

Namun di lain sisi, apakah keduanya salah jika mereka jatuh cinta dengan keadaan mereka masing-masing? Apa salah dengan keinginan mereka untuk tetap memeluk agama yang sudah menjadi penerang jalan mereka sejak lahir? Tidaklah keteguhan hati dan ketenggangan rasa yang mereka miliki cukup untuk hubungan dan rumah tangga yang telah dibina? Apa salah satu dari mereka harus ada yang berkhianat agar diberkahi sepenuhnya?

Sesungguhnya, sesuatu seperti ini tak bisa diatasi dengan kalimat, “Jalani saja, dulu.” meskipun hanya untuk sementara. Tidak bagi sebagian perempuan. Tidak untuk sebagian orang yang akan beranjak dewasa.

Sekali lagi, ampuni kami, ya, Tuhan.

Aku hanyalah seorang remaja yang masih minim pengetahuan tentang agama dan masih abu-abu terhadap hubungan seperti ini. Hanya ingin bertanya sebanyak-banyaknya sampai paling tidak hati ini lega walaupun takkan ada jawabnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s